20 Tahun Robot ASIMO, Teknologinya Digunakan di Mobil Honda

20 Tahun Robot ASIMO, Teknologinya Digunakan di Mobil Honda

 

 

Honda punyai mimpi yang ikut terdengar sederhana; membuat robot yang dapat mengikuti pergerakan manusia serta nanti dapat menolong bermacam pekerjaan manusia setiap hari. Tetapi realisasinya tidak sesimpel terdengarannya. Honda perlu waktu 2 dasawarsa dengan bermacam usaha saat sebelum sukses membuat robot humaniod.

Diberi nama ASIMO, kependekan dari Advanced Tahap in Innovative Mobility ini dikenalkan sah pada 2000. Berarti, tahun ini, ASIMO itu genap berumur 20 tahun. Seperti manusia, ASIMO telah masuk umur dewasa. Tehnologi mereka ikut berperan pada bermacam tehnologi hebat yang sudah diaplikasikan pada beberapa produk massal Honda. Sebutlah saja metode kontrol mobil Vehicle Stability Assist, metode kesetimbangan pada sepeda motor, sampai sensor untuk kendaraan otonom.

Selaku robot Humanoid memusatkan pengembangannya ialah pada langkah berjalan dengan 2 kaki (bi-pedal), pengenalan lingkungan serta hubungan pada lingkungannya. Robot Honda ini pertama dibikin di Pusat Riset Tehnik Esensial Wako di Jepang yang ditingkatkan semenjak tahun 1986. Asimo adalah robot yang sekilas terlihat serupa seperti seorang astronot dengan ranselnya.

Berikut Evolusi serta perjalanan ASIMO:

ASIMO lahir di tahun 2000, tetapi proses perancangan ASIMO sudah habiskan waktu yang lumayan panjang semenjak tahun 1986. Saat itu, Honda membuat susunan yang seperti kaki manusia untuk robot pertama kalinya yang dinamakan E0, serta berhasil membuat langkah kaki yang imbang serta teratur. Tetapi, waktu itu diperlukan waktu 5 detik untuk mengambil langkah berganti-gantian dari 1 kaki ke kaki yang lain. Robot E0 ini cuman bisa berjalan lempeng kedepan secara perlahan.

Honda lagi meningkatkan tehnologi, konsentrasinya ialah membuat robot dapat berjalan dengan bisa lebih cepat. Pergerakannya dibikin lebih sesuai mansia. Robot E2, jadi robot pertama yang dapat berjalan bisa lebih cepat, capai 1,2 km/jam. Sampai tahun 1993, Honda lagi lakukan pembaruan pada susunan kaki di sejumlah angkatan robot seterusnya, dimulai dari type E1 sampai E6. Hasilnya, langkah kaki robot bertambah lebih cepat serta pergerakannya nampak lebih alami seperti manusia. Bahkan juga E4, robot bisa meningkatkan lututnya sampai 40 cm. Sedang kecepatannya dapat capai 4,7 km/jam.

Masuk tahun 1994, Honda mulai membuat robot secara utuh dimulai dari kaki sampai tangan serta kepala, yang dinamakan P1 sampai P3. Ukuran juga dekati manusia.

Perjalanan sepanjang 14 tahun itu bawa kelahiran ASIMO untuk pertamanya kali ke dunia pada tahun 2000, persisnya tanggal 31 Okober. Dengan tinggi 120 cm serta lebar 45 cm, robot imut ini dapat mengambil langkah ke bermacam arah dengan ditolong satu controller terpisah. Memakai tehnologi i-Walk (Intelligent Real-Time Flexible Walking).

Pas satu tahun sesudahnya, robot ASIMO direncanakan makin hebat. ASIMO sudah sanggup naiki serta menuruni anak tangga. Dia diprogram untuk dapat mengenali sekitar lingkungan.

Di tahun 2002, ASIMO dapat berkenaan gerakan manusia disekelilingnya serta memberi tanggapan secara berdikari. Oleh karenanya, ASIMO sudah sanggup lakukan beberapa pergerakan seperti menegur, mengikut seorang, berjalan menuju yang dipilih, dan mengenal nama serta muka manusia disekelilingnya.

Masuk tahun 2005, ASIMO dapat lari sampai 6 km/jam (lempeng) serta 5 km/jam (memutar). Disamping itu, ASIMO mempunyai kekuatan untuk lakukan dua pekerjaan secara bertepatan, seperti berpegangan tangan waktu berjalan, atau berjalan sekalian bawa nampan berisi minuman.

Sedang pada tahun 2007, ASIMO bukan hanya bisa berhubungan dengan manusia dan juga dapat berhubungan serta bekerja bersama dengan robot ASIMO yang lain. Dengan menimbang jarak antar robot serta kemampuan baterei yang masih ada, ASIMO dapat memikir untuk membagi pekerjaan dengan rekanan robot yang lain secara efektif. ASIMO dapat isi daya listrik ke dirinya, waktu mengetahui kemampuan baterei yang tinggal sedikit.

Sampai pada akhirnya pada tahun 2011, kepandaian ASIMO makin bertambah. ASIMO bisa memikir serta bergerak secara berdikari tiada dioperasionalkan oleh manusia. Dengan sensor audio visual yang makin hebat, robot ASIMO bisa mengenal suara sebagian orang secara bertepatan waktu mengobrol dalam satu group. Robot ini mempunyai kekuatan untuk mengenali sumber suara serta bisa membandingkan di antara suara manusia serta suara yang lain.

Honda menyebutkan ASIMO sanggup mengenali sampai 10 orang yang lain. Ini bisa menyikapi panggilan namanya, mengenal muka orang saat sedang dibawa berbicara, serta mengenal suara yang tidak biasa seperti suara dari satu object jatuh atau tubrukan, serta mengalihkan muka menuju itu. Asimo dapat menjawab pertanyaan, baik dengan menggangguk singkat, menggelengkan kepala atau menjawab secara lisan.

Kekuatan untuk mengenali lingkungan serta gerak dipunyai. ASIMO bisa mengetahui gerakan beberapa orang saat berjalan, selanjutnya secara automatis berjalan menuju berlainan untuk menghindar tubrukan. Dia dapat mengenal bahaya prospektif seperti tangga, serta menghindar memukul manusia atau benda bergerak yang lain.

Disamping itu, ASIMO dapat lakukan pergerakan meloncat, mengambil langkah mundur, atau berjalan di permukaan yang tidak rata dan lakukan pekerjaan-tugas simpel seperti tuangkan minuman, menggerakkan trolley atau menyongsong serta temani tamu ke ruang tujuan.

Kelenturannya lebih bagus sebab Honda membuat 34 persendian (tiga pada kepala, tujuh pada setiap lengan, dua pada setiap tangan, satu dalam tubuh, enam pada setiap paha). Selaku pendorong, Honda tidak akan memakai bateri Nickel metal hydride memiliki 38.4 Volt. ASIMO sekarang diperkokoh baterei Lithium Ion 51.8 Volt. Baterei ini lebih enteng yakni 6 kg serta dapat diisi penuh dalam kurun waktu cuman 3 jam saja. Bila terisi penuh, baterei dapat dipakai untuk menjalankan robot sepanjang 40-60 menit.

Semenjak kelahirannya, ASIMO sudah capai perubahan sampai versus kesebelas. Pada 2018, Honda hentikan peningkatan ASIMO untuk konsentrasi pada tehnologi robotik seterusnya. Meski begitu, bermacam tehnologi dari ASIMO tetap akan diaplikasikan dalam peningkatan sejumlah fitur hebat dalam produk massal Honda di hari esok. Honda pastikan tetap meneruskan peningkatan robot humanoidnya, tapi kemungkinan tidak memakai nama Asimo. Honda pastikan jika team peningkatan robotnya akan aktif.

Selaku substitusinya, Honda sudah mempersiapkan robot angkatan baru dengan tehnologi hebat 3E Robotics Concept yang diperkenalkan pada pameran gawai CES tahun ini. Robot itu masih mempunyai karakter halus, serta salah satunya kelebihannya dapat memperlihatkan bermacam air muka ke orang disekelilingnya mencuplik techcrunch.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!