8 Tindakan Ini Bisa Menyelamatkan Jiwa saat Rem Blong

8 Tindakan Ini Bisa Menyelamatkan Jiwa saat Rem Blong

Rem blong jadi permasalahan yang lumayan serius untuk pengendara mobil. Bahkan juga, hal itu dapat mencelakakan diri kita serta seseorang, dan mengakibatkan kecelakaan yang cukup fatal.

 

Rem yang tiba-tiba blong, tenju saja dapat membuat cemas pengendara. Karena itu, seperti dikutip situs sah Suzuki Indonesia, ada cara-cara yang dapat dikerjakan waktu rem blong:

1) Lagi Pompa Rem

Bila waktu mengemudikan mobil serta tahu jika remnya tiba-tiba blong, cara yang dapat diambil ialah lagi memompanya. Pengemudi harus lagi memompa rem supaya desakannya dapat kembali lagi seperti yang lalu. Bila kendaraan tiba-tiba berpindah ke anti locking braking atau ABS, lagi pompa saja.

Lama-lama, desakan di rem akan kembali lagi seperti sebelumnya. Tetapi, bila waktu dipompa rem berasa kasar atau berat, kemungkinan dibagian pedalnya ada suatu hal.sebuah hal. Anda dapat mengecek sisi rem untuk mengenali benda apa yang menjejal dibagian pedalnya.

2) Turunkan Gigi Transmisi

Langkah di atas ialah yang termudah untuk menangani rem blong. Tetapi, bila langkah pertama gagal karena itu silakan turunkan sisi gigi transmisinya. Gunakanlah dampak dari engine brake untuk turunkan sisi gigi transmisi di pedal mobil.

Dalam masalah ini, ada tingkatan yang penting dikerjakan. Pertama, yakinkan dahulu mobil Anda manual bukan mobil matik. Bila manual karena itu triknya turunkan sisi gigi transmisi secara setahap serta lakukan dengan pergerakan cepat.

Bila sedang menggunakan gigi nomor 4, karena itu turunkan dalam pergerakan cepat secara setahap sampai gigi yang pertama. Janganlah sampai pengemudi menurunkannya tidak setahap, misalkan dari 4 langsung ke gigi nomor dua.

Hal tersebut akan mengakibatkan mobil tidak teratasi. Tetapi, bila mobil Anda terhitung di dalam macam transmisi automatis atau matik, karena itu triknya ialah kebalikannya. Langsung di turunkan saja ke gigi nomor 1.

Jadi, tak perlu menurunkannya secara setahap seperti mobil macam manual. Langkah ini akan membuat mobil Anda meluncur lebih lamban waktu rem blong. Lama-lama rem akan kembali lagi seperti sebelumnya. Yakinkan Anda dapat melakukan agar tidak ada hal yang jelek saat mobil sedang dikendarai.

Bila langkah pertama serta ke-2 masih tidak berhasil, Anda dapat memakai rem tangan. Pasti Anda di sini harus tambahan berhati-hati saat melakukan. Waktu akan mengerem, lakukan secara perlahan-lahan. Triknya ambil rem tangan secara berhati-hati serta rasakan gigitannya dibagian caliper roda.

Bila rem berasa telah menggigit karena itu jangan bebaskan serta diamkan sampai pergerakan mobil makin melamban. Anda pun harus dapat mengendalikan desakan rem itu supaya tidak tiba-tiba kehilangan kendalian. Ingat, jangan kerjakan dengan tiba-tiba, itu dapat mencelakakan diri Anda serta pengendara lain di jalan.

4) Pencet Tombol Lampu Hazard serta Klakson

Sesungguhnya, bila mobil Anda tiba-tiba alami rem blong, yang penting dikerjakan ialah langsung pencet klakson serta nyalakan lampu hazard. Langkah ini dikerjakan untuk memberikan signal ke kendaraan lain supaya tahu jika rem mobil Anda sedang blong. Yakinkan jika Anda pada kondisi tenang.

Janganlah sampai cemas karenanya akan mencelakakan Anda serta orang di seputar. Lantas, pijak pedalnya secara perlahan-lahan. Bila pedalnya dapat sentuh lantai mobil kemungkinan minyak rem di mobil Anda menyusut. Juga bisa ada permasalahan di sejumlah sisi seperti master silinder serta kaliper rem.

5) Jangan Langsung Mematikan Mesin

Saat Anda ketahui jika kondisi rem mobil tidak sedang berperan, karena itu janganlah lekas mematikan mesin. Bila Anda melakukan, hal tersebut akan mempersulit mobil untuk selalu meluncur. Rem jadi tidak dapat kembali lagi seperti sebelumnya. Lakukan langkah-langkah di atas untuk kembalikan keadaan rem.

Mencapai pedal gas secara mendadak waktu rem pada keadaan blong akan mencelakakan diri Anda. Bukanlah malahan melamban, mobil akan meluncur dengan kecepatan tinggi. Mobil yang meluncur dengan kecepatan tinggi dengan rem blong dapat mengakibatkan kecelakaan di jalan raya.

7) Mengguncangkan Sisi Pedal Rem

Pengemudi dapat mengguncangkan sisi pedal rem bila tiba-tiba blong, tetapi ingat, jangan menginjaknya. Cukup guncang pedalnya secara perlahan-lahan sampai rem kembali pada keadaan sebelumnya. Kadang sebagai pemicu rem tiba-tiba blong ialah sebab alami masalah metode.

8) Menubruk Benda yang Lunak

Langkah yang ini cuman dikerjakan bila tingkatan di atas tidak berhasil untuk kembalikan keadaan rem. Anda dapat menyaksikan keluar jendela untuk cari suatu hal yang lunak. Misalkan bila ada tempat berlumpur, langsung tujukan mobil ke sana. Menubrukkan mobil ke suatu hal yang lunak dapat hentikan pergerakannya.

Anda bisa juga menubruk beberapa benda lain seperti gundukan pasir, pagar yang dibuat dari kayu dan lain-lain. Pokoknya mencari benda yang aman untuk ditubruk agar mobil dapat stop. Anda pun harus dapat memusatkan pemikiran di antara mengemudikan mobil serta cari benda yang lunak di seputar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!