Komponen Motor Ini Wajib Dicek agar Bebas Masalah Selama Musim Hujan

Komponen Motor Ini Wajib Dicek agar Bebas Masalah Selama Musim Hujan

Musim penghujan sudah datang, motor harus rajin dirawat supaya terlepas dari permasalahan. Pasti benar-benar menyusahkan bila motor berhenti saat tergesa-gesa.

 

Bersamaan dengan musim penghujan, pengendara sepeda motor harus lakukan perawatan tambahan. Bukan hanya di bagian dalaman mesin yang peluang tersiram air, sisi body motor juga harus ikut jadi perhatian. Masalahnya bila kamu biarkan air hujan melekat di body sepeda motor, bukan mustahil warna cat motor dapat luntur.

Langkah menjaga motor waktu musim penghujan dapat dikerjakan dengan memerhatikan komponen-komponennya. Dimulai dari kebersihan motor, ban, rantai, kanvas rem, knalpot, dan sebagainya perlu betul-betul dirawat secara baik.

Berikut Liputan6.com kumpulkan dari bermacam sumber, mengenai langkah menjaga motor waktu musim penghujan.

Bersihkan Motor

Langkah menjaga motor waktu musim penghujan yang pertama ialah selekasnya membersihkan motor sesudah terserang hujan. Ini terkait yang mengandung zat asam pada air hujan mempunyai potensi kurangi kilau pada cat.

Walau tidak ada waktu, kerjakan secara langkah sekedar hanya mengguyur semua body serta beberapa bagian penting yang lain. Mengguyur motor yang terserang air hujan sama air bersih bagus untuk jaga performa motor. Disamping itu ini berguna juga untuk menahan munculnya karat.

Rantai

Karakter keasaman air hujan bisa memunculkan karat pada sepeda motor, diantaranya pasti pada rantai. Apa lagi bila motor kamu tidak memakai tutup rantai, ini pasti benar-benar rawan memunculkan karat. Sebaiknya kencangkan kembali lagi setel rantai sama standard serta lumasi rantai dengan grease.

Busi

Langkah menjaga motor waktu hujan yang harus juga jadi perhatian ialah busi. Elemen ini benar-benar penting waktu musim hujan. Sesudah bersihkan motor, sebaiknya mengambil kop atau karet penutup busi untuk selanjutnya ditiup atau dibikin bersih dengan lap.

Begitupun dengan kabel dan businya. Masalahnya bila busi motor basah, akan menghalangi sesakian saat motor dinyalakan.

Ban

Mengecek desakan udara dalam ban penting selaku langkah menjaga motor waktu musim penghujan. Bila kekerasan ban kurang, karena itu permukaan telapak ban yang bersinggungan langsung dengan permukaan jalan makin banyak. Mengakibatkan tarikan motor jadi berat serta malah percepat ban motor kamu jadi tipis atau gundul.

Knalpot

Kotoran air hujan umumnya akan melekat di bagian dalam serta leher knalpot. Karena itu, bagusnya bersihkan sisi yang ini supaya metode pembuangan pada motor masih berperan dengan prima.

Triknya, mengeluarkan air hujan yang masuk di dalam knalpot. Semprotkan oli ke dalam sisi knalpot serta oleskan sisi leher knalpot dengan grease. Lantas panasi kembali lagi motor sepanjang lebih kurang 5 menit.

Kanvas Rem

Kanvas rem dibuat dari bahan asbes, apabila terserang air akan menggelembung dan mengeras di saat kering. Oleh karenanya, sesudah motor dicuci sebaiknya kamu sering-sering mencapai pedal rem supaya kanvas kering. Bila tidak rem motor akan berasa keras di saat pedal rem diinjak.

Sesaat di bagian rem cakram, sebaiknya kamu bersihkan elemen itu. Masalahnya rem cakram memiliki sifat terbuka serta saat kamu menyikat kubangan air, karena itu kotoran akan melekat pada cakram motor.

Rem Depan serta Belakang

Bukan mustahil, setelah hujan, sepeda motor di saat lakukan pengereman akan kedengar bunyi. Tidak perlu cemas, bunyi itu tampil sebab kanvas rem yang basah. Oleh karenanya, usahakan untuk keringkan kanvas rem serta tromol motor supaya rem masih pakem serta menghindar bunyi.

Itu cara-cara menjaga motor waktu musim penghujan. Disamping itu, kamu perlu memerhatikan bermacam elemen yang lain, seperti jari-jari roda yang dapat keropos, kabel bodi yang dapat mengakibatkan korsleting, sampai kotak saringan udara.

Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta kerjakan pengerukan di sejumlah sungai. Perlakuan ini selaku mengantisipasi menahan banjir yang sering tiba di musim penghujan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!