Mendeteksi Penyebab Lampu Indikator Airbag yang Tiba-Tiba Menyala

Mendeteksi Penyebab Lampu Indikator Airbag yang Tiba-Tiba Menyala

Biasanya lampu tanda yang kerap berpijar ialah seatbelt. Sisi ini akan mengingatkan pengendara mobil bahkan juga ada penumpang, atau pengemudi sendiri, yang belum menggunakan sabuk pengaman secara benar.

 

Kemungkinan ada satu waktu kamu dibikin terkejut dengan timbulnya lampu dari tanda yang lain. Banyak pula pengendara yang mendapati lampu tanda airbag mendadak berpijar. Walau sebenarnya pelampung udara itu tidak sempat digunakan.

Untuk dipahami, langkah kerja airbag memang tergantung ke sensor atau tanda lampu mobil. Jika ada permasalahan sensor, cepatlah dapatkan pemicunya.

Diambil dari Auto2000, Senin (9/10), ada empat hal pemicu lampu tanda airbag mendadak berpijar. Lampu tanda di bagian mobil benar-benar selalu harus dilihat periodik.

Diantaranya, tanda airbag berpijar mendadak sesungguhnya adalah masalah yang jarang berlangsung. Lampu tanda ini sebagai wakil SRS (Supplemental Restraint Sistem) atau metode penyelamatan tambahan.

SRS dipakai untuk menyebutkan satu piranti keselamatan pada mobil yang biasanya berbentuk airbag (kantong udara) serta sabuk pengaman.

Jika lampu tanda ini berpijar, bukan bermakna airbag akan terkembang. Sesungguhnya, lampu tanda itu memberikan info jika ada masalah pada piranti keselamatan mobil entahlah itu pada elemen airbag, seatbelt, sensor keselamatan, atau juga bisa metode keamanan mobil.

Peluang pemicu pertama tanda airbag berpijar mendadak tiba dari metode seatbelt, persisnya pada sakelar seatbelt. Bisa saja, sedang ada masalah pada sakelar seatbelt.

Peranan dari sakelar ini untuk mengetahui apa sabuk pengaman sudah dipasang atau belum. Bila sakelar seatbelt terusik, karena itu lampu tanda airbag akan berpijar.

Masalah itu dapat berbentuk benda asing atau kotoran yang merintangi sakelar dalam mengetahui sabuk pengaman.

Bila menyaksikan lampu airbag berpijar, coba periksa sabuk pengaman. Saksikan adakah kotoran atau benda yang lain menjejal.

Kecuali masalah pada sakelar seatbelt, lampu tanda airbag yang berpijar bisa juga dipacu permasalahan pada clock spring.

Apakah itu clock spring? Clock spring ialah satu elemen yang menyambungkan unit penataan airbag dengan driver module yang berada pada roda setir. Elemen ini dipasang pas ada di belakang roda setir.

Bila tanda airbag berpijar, ada peluang kabel clock spring alami permasalahan. Ini dapat berlangsung waktu setir dibedah dan berlangsung kekeliruan dalam penempatan kembali lagi.

Untuk menanganinya, kamu harus membedah setir serta kembalikan kabel clock spring pada tempat awal.

Penyebab tanda airbag berpijar mendadak yang paling akhir berawal dari permasalahan metode keamanan mobil sendiri.

Mobil jaman saat ini umumnya bukan hanya dibuat dengan elemen mekanis serta kelistrikan, dan juga metode computer yang terdiri dari kode-kode susah. SRS juga tersusun atas metode itu.

Kemungkinan ada code computer yang tidak tepat, error, atau bahkan juga tidak berperan kembali. Untuk menentukannya, kamu dapat tiba ke bengkel paling dekat.

Mekanik bengkel akan memakai alat spesial untuk mengetahui apa metode computer SRS pada mobil kamu bekerja dengan normal atau mungkin tidak.

Bila benar-benar ada error, mekanik akan lakukan geprekelan ulangi supaya SRS kembali normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!